Kegiatan Pembinaan Karakter Tendik FE

Oleh: Anselmus Leki . 7 Juni 2022 . 12:30:28

Pelatihan Pembinaan Karakter merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang menggunakan keunggulan alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan dengan teori – teori melainkan langsung diterapkan pada elemen – elemen mendasar pada kehidupan sehari - hari. Para peserta yang mengikuti kegiatan tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia tetapi juga fisik dan mental. dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi tenaga kependidikan di fakultas ekonomi berupa:

a.     Komunikasi efektif (effective communication) ; adalah pertukaran informasi, ide, perasaan yang menghasilkan perubahan sikap sehingga terjalin sebuah hubungan baik antara pemberi pesan dan penerima pesan. 

b.     Pengembangan tim (team building) ;  adalah aktivitas yang digunakan untuk meningkatkan hubungan sosial dengan mendefinisikan peran masing-masing individu dalam suatu tim yaitu dengan melakukan kolaborasi dari berbagai tugas.

c.     Pemecahan Masalah (problem solving) ;  adalah usaha mencari penjelasan dan jawaban dari setiap masalah yang dihadapi.

d.     Kepercayaan Diri (Self confidence) ; ekspetasi kepada pencapaian yang mampu dilakukan seseorang berdasarkan evaluasi atas kemampuan dan performanya terdahulu. Ketika kita yakin pada kemampuan diri, maka cenderung semakin termotivasi mencapai tujuan dan memiliki motivasi yang lebih tinggi. 

e.     Kepemimpinan (Leadership) ; adalah keterampilan praktis yang mencakup kemampuan seseorang atau sebuah organisasi untuk “memimpin” atau membimbing orang lain, tim, atau seluruh organisasi.

f.      Kerja sama (Sinergi)

g.     Permainan yang menghibur dan menyenangkan (fun games)

h.     Konsentrasi/ fokus (concentration)

i.      Kejujuran/sportivitas (Mulyono & Badiatul Muchlisin Asti. Smart games for Outbond Training. (Jokjakarta : Diva Press. 2008). Hal 39.)

 

 

Agenda

26 - 28 Maret 2024

Asesmen Lapangan Pendirian Program Studi Doktor Ekonomi

Asesmen Lapangan Pendirian Program Studi Doktor Ekonomi

16 November 2023 - 7 Desember 2024

Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi

Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi Periode 2023 - 2027

19 - 21 Oktober 2023

TEMAN 10

Temu Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia Ke-10

31 Juli - 02 Agustus 2023

Pra Kongres APE-LPTK Tahun 2023

Pra Kongres APE-LPTK Tahun 2023 akan di laksanakan di Hotel Aston Kota Gorontalo, Tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2023