Pelaksanaan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Program Studi PPG dalam Rangka Meningkatkan Implementasi Pendidikan Berkualitas di UNG

Oleh: Fazri Mohehu . 3 Oktober 2024 . 09:55:06

Gorontalo, 4 Oktober 2024 - Program Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (UNG), khususnya Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) menyelenggarakan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Acara ini dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, yakni dimulai hari Rabu hingga Jumat, pada tanggal 2-4 Oktober 2024. Workshop ini akan dilaksanakan di Ballroom 1, UTC Damhil, dengan pendaftaran dimulai pada Rabu, 2 Oktober 2024 pukul 08.00 WITA. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan proses penjaminan mutu di dalam program studi PPG, memastikan bahwa standar pendidikan dan pelatihan profesional bagi calon guru memenuhi tolok ukur tertinggi.

Workshop ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting terkait penjaminan mutu di lingkungan UNG, termasuk Ketua dan Sekretaris Penjaminan Mutu PPs yang bertanggung jawab atas mutu program pascasarjana, Kepala dan Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) beserta jajaran yang bertanggung jawab dalam peningkatan kualitas pendidikan di UNG, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan UNG serta bagian akademik UNG.

Peserta workshop mencakup koordinator program studi dari berbagai program di universitas, salah satunya program studi Pendidikan ekonomi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan program studi lainnya seperti Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selain itu, turut hadir tokoh-tokoh penting dari program studi PPG serta pakar dalam bidang penjaminan mutu pendidikan.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan implementasi pendidikan berkualitas di UNG sesuai dengan standar nasional, serta memastikan bahwa lulusan dari program PPG siap menghadapi tuntutan profesi guru. Dalam konteks Pendidikan Ekonomi, implementasi SPMI juga berfokus pada hal-hal spesifik terkait kompetensi lulusan di bidang pendidikan dan ekonomi. Misalnya, bagaimana program studi merancang kurikulum yang dapat mengembangkan kemampuan calon guru ekonomi dalam memahami dinamika pasar, ekonomi mikro dan makro, serta pengajaran ekonomi yang efektif di sekolah.

Dengan materi SPMI ini, diharapkan program studi seperti Pendidikan Ekonomi dapat terus meningkatkan kualitasnya sesuai dengan standar yang ditetapkan dan mampu melahirkan lulusan yang kompeten serta sesuai dengan tuntutan profesi dan kebutuhan masyarakat. (NLI)

 

Agenda

26 - 28 Maret 2024

Asesmen Lapangan Pendirian Program Studi Doktor Ekonomi

Asesmen Lapangan Pendirian Program Studi Doktor Ekonomi

16 November 2023 - 7 Desember 2024

Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi

Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi Periode 2023 - 2027

19 - 21 Oktober 2023

TEMAN 10

Temu Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia Ke-10

31 Juli - 02 Agustus 2023

Pra Kongres APE-LPTK Tahun 2023

Pra Kongres APE-LPTK Tahun 2023 akan di laksanakan di Hotel Aston Kota Gorontalo, Tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2023