Dekan dan Civitas Akademika Fakultas Ekonomi UNG Sambut Kunjungan Mahasiswa Peserta Studi Banding PRODI Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Oleh: Anselmus Leki . 13 Mei 2023 . 05:40:34

Bertempat di Aula Prof. Kadir Abdussamad UNG, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menerima kunjungan silaturahmi dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado (UNIMA).

Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi UNG, Irwan Yantu mengatakan, kunjungan silaturahmi FE UNIMA ke FE UNG dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) FE UNG.

“Alhamdulillah pada kunjungan silaturahmi ini, sekaligus kita laksanakan juga dengan perjanjian kerjasama, antara FE UNG dan FE UNIMA,” ungkap Irwan.

Kunjungan ini, kata Irwan, merupakan kegiatan yang sering dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi. Baik kunjungan FE UNIMA ke FE UNG, maupun kunjungan dari FE UNG ke FE UNIMA.

“Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus berkesinambungan. Terlebih lagi UNIMA juga merupakan orang tua dari kita (FE UNG). Sekaligus ini untuk mendukung program MBKM dari kementerian,” harapnya.

Berdasarkan amanat pengembangan pendidikan tinggi, IKU-PTN harus mampu menjadi alat ukur sekaligus akselerator untuk pengembangan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3, 4, 5, 6, dan 7 tahun 2020. Melalui kebijakan tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berupaya menjamin lembaga pendidikan tinggi untuk memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan zaman, lebih berdampak langsung bagi masyarakat, serta mampu mencapai standar perguruan tinggi internasional. Jaminan kemudahan dan target yang lebih tajam juga diberikan kepada dosen sebagai sumber daya utama di perguruan tinggi. Dosen didorong untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang berbasis permasalahan, kolaboratif, dan tidak hanya mengandalkan pembelajaran di dalam kelas. Sebagai hasil akhir, kebijakan Kampus Merdeka diharapkan memberikan iklim yang baik terhadap pengembangan minat dan bakat mahasiswa. Mahasiswa dapat mengasah kemampuan mereka dalam situasi pembelajaran inovatif, fleksibel, berbasis keingintahuan dan minat mahasiswa, serta sesuai dengan permasalahan di masyarakat, dan/atau kebutuhan industri. Sehingga ketika mahasiswa lulus, mereka mampu menjadi sumber daya manusia yang siap belajar sepanjang hayat, adaptif, dan memiliki daya saing tinggi.

Sementara itu, Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi UNIMA, Linda Tanor, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada FE UNG, yang telah menyambut hangat kedatangan dari rombongan FE UNIMA.

“Dari sejarah, FE UNG ini merupakan anak ataupun cucu dari IKIP Manado. Dan dengan perkembangannya yang pesat dan luar biasa, sehingga kami harus studi banding, dengan melihat prestasi dari FE di UNG ini,” jelasnya.

Dalam rangka mewujudkan cita-cita pendidikan tinggi tersebut, harus dilaksanakan perubahan dalam penilaian performa PTN yang akan dinilai berdasarkan IKU yang menjadi kontrak kinerja antara PTN dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. IKU terbaru yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3/M/2021 memiliki tiga indikator utama. Pertama, kualitas lulusan yang diukur dengan Lulusan mendapat pekerjaan yang layak, dan Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. Kedua, kualitas dosen dan pengajar yang diukur dengan dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, dan Hasil kerja dosen digunakan masyarakat dan dapat rekognisi internasional. Ketiga, kualitas kurikulum yang memiliki subindikator antara lain program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, serta adanya program studi berstandar internasional.

Dalam kunjungan silaturahmi ini Fakultas Ekonomi UNIMA berjumlah 178 orang, yang terdiri dari 17 dosen pendamping, 93 mahasiswa dari jurusan akuntansi, dan 68 mahasiswa dari jurusan pendidikan ekonomi.

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat, bagi dosen maupun mahasiswa, serta bisa menjalin kerjasama terus, terkait dengan apa yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program MBKM,” pungkasnya.

 

 

Agenda

26 - 28 Maret 2024

Asesmen Lapangan Pendirian Program Studi Doktor Ekonomi

Asesmen Lapangan Pendirian Program Studi Doktor Ekonomi

16 November 2023 - 7 Desember 2024

Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi

Pemilihan Dekan Fakultas Ekonomi Periode 2023 - 2027

19 - 21 Oktober 2023

TEMAN 10

Temu Masyarakat Akuntansi Multiparadigma Indonesia Ke-10

31 Juli - 02 Agustus 2023

Pra Kongres APE-LPTK Tahun 2023

Pra Kongres APE-LPTK Tahun 2023 akan di laksanakan di Hotel Aston Kota Gorontalo, Tanggal 31 Juli - 2 Agustus 2023